Sunday, January 10, 2010

Karakter Dasar Huruf Kanji

Karakter Dasar Historis



2: 亠 人 イ 儿 入 八 冂 冖 冫 几 凵 刀 刂 力 勹 匕 匚 匸 十 卜 卩 厂 厶 又


3:口 囗 土 士 夂 夊 夕 大 女 子 宀 寸 小 尢 尸 屮 山 川 巛 工 己 已 巳 巾 干 幺 广 廴 廾 弋 弓 彳 彑 彐 彡 忄 才 扌 氵 犭


4:心 戈 戸 手 支 攴 攵 文 斗 斤 方 旡 无 日 曰 月 木 欠 止 歹 毋 歹 殳 比 毛 氏 气 水 火 灬 爪 爫 父 爻 爿 片 牙 牛 牜 犬 尣 王 示 辶


5:母 牙 玄 玉 瓜 瓦 甘 生 用 田 疋 疒 癶 白 皮 皿 目 矛 矢 石 示 禸 禾 穴 立 旡 氺 罒 衤


6:竹 米 糸 缶 羊 羽 羽 老 而 耒 耳 肉 臣 自 至 臼 舌 舟 色 虫 血 行 衣 西


7:臣 見 角 言 谷 豆 豕 貝 赤 走 足 身 車 辛 辰 邑 酉 釆 里 麦


8:金 長 門 阜 雨 青 非 斉


9:面 革 韭 音 頁 風 飛 食 首 香


10:馬 骨 高 鬼 竜


11-17:魚 鳥 鹵 鹿 麥 麻 黄 黒 亀 黍 歯 鼎 鼔 鼠 皷 鼻 齊 齒 龍 龜 龠

9 comments:

  1. Pengen bgt deh bisa nulis kanji, spt-nya susah bgt ya? Mohon sensei ajarin saya :)

    ReplyDelete
  2. @Ken Ayu : Belajar kanji syaratnya harus rajin latihan menulis dan menghafal bacaannya.

    ReplyDelete
  3. apakah hira dan kata saja tidak cukup??? bru baca artikel ttg kanji aja dah pusing konon lgi hrs belajar T^T... jdi kalo mo blajar kanji hrs mulai dri mn???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hira=hiragana, kata=katakana. Jepang tanpa kanji bukan jepang sebenarnya, begitulah kira-kira. Mulai belajarnya dari kanji dasar dan saya belum menyusunnya. Mohon maaf.

      Delete
  4. g man tulisan n cara ngucapiny gan,, cth: nenek moyang ku orang pelaut

    dan g man cara nyambungin kata2 kanjiny,, klu latin kn gan pke A B C D dst di gabungin gak berubah tulisanny, gmna klu kanji gan,, ??

    maf gan ane bnr2 masih bingung ni..... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kanji itu huruf hafalan. Jadi kalau sudah hafal ya tinggal tulis saja kanjinya. Kalau contoh yang saudara buat "Nenek moyangku orang pelaut" itu harus tahu kanji Nenek moyang, ku dari kata aku, orang sudah mengacu pada kata pelaut karena pelaut jelas orang yang berlayar.

      Nenek Moyang=祖先(sosen)
      Aku=私(watashi)
      pelaut=船員(sen-in)kanji船(sen)artinya kapal, sedangkan kanji 員(in)artinya karyawan.

      Jadi: 私の祖先は船員です。(watashi no sosen wa sen-in des) yang artinya Nenek Moyangku adalah seorang pelaut.

      Disitu terdiri dari kanji: watashi, sosen dan sen-in. Sedangkan kata: no, wa, adalah partikel. Dan kata des adalah bentuk sopan.

      Bagaimana saudara Sun Oguri atas jawabannya. Semoga mengerti atas jawaban yang saya berikan. Terima kasih.

      Delete
  5. Tulisan kanji diatas itu artinya huruf-huruf gitu atau apa?
    Maaf saya nggak ngerti banget...

    ReplyDelete
  6. terima kasih atas artikel di atas, sebelumnya saya merasa sangat kesulitan untuk belajar menulis huruf kanji, tapi setelah melihat artikel di atas, saya jadi lebih mengerti bagaimana menulisnya dari jumlah coretannya, meskipun mungkin urutan coretannya masih sembarangan. Tapi maaf, saya masih tidak tahu apa arti dan cara membaca huruf kanji di atas. Kalau boleh, tolong kanji di atas diberi keterangan cara baca dan artinya, agar pembaca tidak hanya bisa latihan menulis tapi juga sekalian bisa menghafalkannya. Terima kasih

    ReplyDelete