Friday, July 11, 2014

Kanji Hari

Kanji yang di gunakan sebagai nama-nama hari dalam kalender.

Kanji ini mempunyai arti Matahari dan hari. Dalam bacaan Kun-Yomi dibaca Hi/~Bi/~ka dalam bacaan On-Yomi dibaca Nichi/Ni/(~Jitsu). Mempunyai jumlah goresan empat. Dalam penggunaanya di kalender Kanji ini mempunyai arti hari Minggu 日曜日(にちようび)Nichiyobi.
kanji ini mempunyai arti Bulan dan Nama dalam Bulan. Dalam bacaan Kun-Yomi dibaca Tsuki dalam bacaan On-Yomi dibaca Gatsu/~Gatsu. Mempunyai jumlah goresan empat. Dalam penggunaanya di kalender Kanji ini mempunyai arti hari Senin 月曜日(げつようび)Getsuyoubi.
kanji ini mempunyai arti Api. Dalam bacaan Kun-Yomi dibaca Hi dalam bacaan On-Yomi dibaca Ka. Mempunyai jumlah goresan empat. Dalam penggunaanya di kalender Kanji ini mempunyai arti hari Selasa 火曜日(かようび)Kayoubi.
kanji ini mempunyai arti Air. Dalam bacaan Kun-Yomi dibaca Mizu dalam bacaan On-Yomi dibaca Sui. Mempunyai jumlah goresan empat. Dalam penggunaanya di kalender Kanji ini mempunyai arti hari Rabu 水曜日(すいようび)Suiyoubi.
kanji ini mempunyai arti Pohon. Dalam bacaan Kun-Yomi dibaca Ki dalam bacaan On-Yomi dibaca Moku/Boku. Mempunyai jumlah goresan empat. Dalam penggunaanya di kalender Kanji ini mempunyai arti hari Kamis 木曜日(もくようび)Mokuyoubi.
kanji ini mempunyai arti Emas atau Uang. Dalam bacaan Kun-Yomi dibaca Kane dalam bacaan On-Yomi dibaca Kin. Mempunyai jumlah goresan delapan. Dalam penggunaanya di kalender Kanji ini mempunyai arti hari Jumat 金曜日(きんようび)Kinyoubi.
kanji ini mempunyai arti Tanah. Dalam bacaan Kun-Yomi dibaca Tsuchi dalam bacaan On-Yomi dibaca Do. Mempunyai jumlah goresan tiga. Dalam penggunaanya di kalender Kanji ini mempunyai arti hari Sabtu 土曜日(どようび)Doyoubi.
Copyright © arqu3fiq 2011

3 comments:

  1. saya baru tau mas kalo itu arti nyaa :D

    ReplyDelete
  2. hehe, jadi setengah mblonggo, tapi kagum,, hanya dengan kotak kotak begitu bisa dibaca juga ya.. thx dan dishare

    ReplyDelete
  3. Boleh minta kanji beserta artinya dlm bntuk pdf gak?

    ReplyDelete