Monday, January 5, 2009

Pengertian Kanji

Huruf kanji 漢字 di buat di China lebih dari 3000 tahun yang lalu. Mula-mula dari bentuk suatu benda kemudian dipresentasikan ke dalam bentuk tulisan sehingga bisa di baca. Seperti beberapa contoh karakter huruf Kanji yang ada di bawa ini, huruf berangsur-angsur berubah ke bentuk yang lebih sederhana dan mudah di tulis. Sehingga menjadi huruf Kanji yang kita gunakan sampai sekarang.

Asal Usul Kanji
Gambar : Sejarah Terbentuknya Kanji


Kanji memiliki tiga bagian yang paling mendasar: Bentuk, Pengucapan dan Arti. Setiap karakter Kanji ada yang mempunyai bentuk yang sangat sederhana seperti pada karakter Kanji Ichi ( 一 ) yang terdiri atas satu goresan dan ada juga yang mempunyai bentuk yang sangat kompleks hingga memiliki dua puluh sampai tiga puluh goresan seperti pada karakter Kanji Kōnotori ( 鸛 ) yang terdiri atas dua puluh delapan goresan. Hampir setiap karakter Kanji memiliki dua pengucapan, yaitu pengucapan China yang biasa di sebut On Yomi (音読み) dan pengucapan Jepang yang biasa di sebut Kun Yomi (訓読み), dan tiap-tiap bacaan memungkinkan memiliki banyak makna. Dalam pengucapan On untuk mengetahui maknanya sangatlah sulit, sedangkan pengucapan Kun untuk mengetahui maknanya sangatlah mudah.

4 comments:

  1. kalo cara blajar kanji biar mudah inget and gak lupa gmn????

    ReplyDelete
  2. @mikyoon : Caranya harus sering latihan menulis, jadi tidak hanya di hafalkan saja tapi di tulis berdasarkan urutan coretannya. Dijamin pasti ingat dan hafal, coz aku sudah pernah mencobanya.

    ReplyDelete
  3. patut dicoba!!! adaa kayak kumpulan huruf kanji yang lengkap gak kalau bisa yang kayak ebook gitu....

    ReplyDelete
  4. coba dong share kan bagaimana tulisan kanji. kalau bisa di buat langkah2 cara pembuatan nya. misal nya membuat hiragana dan katakana kan ada langkah2 nya. jadi tolong dong di buat biar bisa cara membuat nya dan klau bisa buat juga arti nya.

    ReplyDelete