Tuesday, January 20, 2009

Pengertian Bushu

Di dalam huruf Kanji terdiri dari bermacam-macam gabungan karakter Kanji sehingga terbentuklah huruf Kanji yang sangat rumit dan mempunyai arti. karakter-karakter gabungan yang terdiri dari dua huruf Kanji atau lebih, kecuali pada Kanji dasar itu sendiri. Begitu pula dengan jumlah coretannya hingga mencapai 20 sampai 30 coretan, sehingga kita harus jeli dan teliti dalam menemukan karakter dasarnya.

Karena huruf Kanji yang begitu banyaknya hingga mencapi ribuan, kira-kira tiga abad yang lalu, bangsa China telah mengembangkan sistem penggolongan karakter-karakter dasar menjadi 214 unsur karakter dasar. Sistem ini masih digunakan sampai sekarang dalam menemukan karakter dasar dalam mencari sebuah huruf Kanji di dalam Kamus Kanji. Nah karakter-karakter dasar yang menyusun dan akhirnya terbentuklah huruf kanji itu lah yang desubut Bushu (部首).

Dengan dikelompokkan bushu menjadi 214 karakter, menjadi semakin memudahkan dalam pencarian huruf Kanji secara umum. Untuk bisa mencari karakter huruf Kanji yang berjumlah ribuan, anda saya sarankan hafal karakter dasar sedikitnya 67 karakter dasar dari ke 214 unsur karakter dasar tersebut.

No comments:

Post a Comment