Saturday, January 10, 2009

Sejarah Terbentuknya Kanji

1. Kanji Kōkotsu (甲骨)

Kanji Kōkotsu adalah huruf Kanji yang paling kuno yang pernah di temukan di China. Huruf ini digunakan pada zaman In (殷) sekitar abad 14SM sampai 11SM. Pada zaman itu hidup untuk menyembah kepada Tuhan sangat perlu. Dalam tempat penyembahan itu terdapat kulit kura-kura dan tulang-tulang binatang yang di masukkan ke dalam lubang, kemudian di bakar. Dan arang tersebut di pakai untuk menulis huruf-huruf yang mereka ciptakan pada saat itu. Huruf ini di ketemukan di China 3500 tahun yang lalu.

2. Kanji Kinbun (金文)

Setelah huruf Kanji Kōkotsu yang terkuno yang pernah ditemukan. Kemudian muncul huruf Kanji Kinbun yang digunakan pada zaman dinasti Chou (周) sekitar abad 11 SM sampai 7 SM. Huruf Kanji Kinbun diketemukan terukir di peralatan perunggu yang telah di buatnya.

3. Kanji Tenbun (篆文)

Huruf Kanji Tenbun digunakan pada awal kekaisaran dinasti Chin (秦) pada waktu negeri China bersatu, sekitar abad ke-3 SM. Pada saat itu setiap tempat di dalam negeri China kesulitan menggunakan huruf Kanji yang bermacam-macam. Karena kesulitan dalam menggunakan huruf Kanji Kinbun, akhirnya pemerintah menetapkan huruf Kanji Tenbun.

4. Kanji Kaisho (楷書)

Huruf Kanji kaisho yaitu huruf Kanji yang kita gunakan sekarang. Setelah dinasti Chin (秦) kemudian berganti menjadi dinasti Han (漢) sekitar abad ke-3SM sampai abad ke-3M. pada masa ini huruf Kanji berubah menjadi kebentuk garis lurus, huruf ini biasa di sebut Reisho (隷書) atau karakter persegi. Karakter ini sangat mudah ditulis dan juga digunakan secara umum sampai sekarang.
Contoh perubahan karakter Kanji bisa di lihat pada table 1. Di situ digambarkan secara detail dari semula yang berbentuk gambar berangsur-angsur menjadi tulisan karakter Kanji yang kita gunakan sekarang ini.

No comments:

Post a Comment